10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan


Buah nanas memiliki nama latin Ananas comosus yang berasal dari negara Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Buah nanas tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia dan negara di Amerika Latin. Buah yang memiliki daun bergerigi tajam ini memiliki rasa yang enak dan segar sehingga sangat cocok jika dimakan pada siang hari. Perlu kita ketahui, buah nanas ini mengandung vitamin C dan A serta kandungan antioksidan cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengenai pembahasannya yang lebih mendalam, saya akan memberikan informasi dari Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan.

Selain dapat dikonsumsi langsung, buah nanas juga telah digunakan dengan diolah menjadi berbagai macam kuliner seperti selai nanas, manisan, dan lainnya. Banyak diantara kita yang bertanya mengenai manfaat dari buah nanas ini, maka secara khusus saya akan memberikan beberapa manfaat dari buah nanas ini.


Berikut 10 Manfaat penting buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan.

1 Melancarkan Pencernaan
Buah nanas mengandung enzim bromelain yang cukup banyak, enzim bromelain dapat melancarkan pencernaan dan melegakan tenggorokan.

2 Mempercepat Penyembuhan Luka
Selain dapat melancarkan proses pencernaan, enzim bromelain juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka serta mengurangi peradangan dan pembengkakan pada bagian dalam tubuh.

3 Mengobati Edema
Enzim bromelain banyak manfaatnya seperti membantu agar kandungan asam didalam darah menjadi seimbang. Selain itu, buah nanas bisa mengurangi kandungan air yang berlebihan didalam tubuh sehingga dapat mengobati penyakit edema.

4 Menghilangkan Ketombe
Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kepala seperti ketombe, kita dapat mengatasinya dengan buah nanas. Buah nanas yang telah masak dikupas kulitnya, lalu diparut, diperas dan disaring. Kemudian air hasil perasan dicampur dengan air perasan jeruk nipis, lalu digosokan pada kepala sebelum tidur. Barulah setelah bangun kita membersihkan kepala kita. Kita dapat melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu.

5 Melunakkan Makanan
Pencernaan didalam lambung dapat dipermudah dengan bantuan enzim bromelain yang dapat juga melunakan makanan, selain itu enzim bromelain juga bisa berperan sebagai anti radang serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

6 Melancarkan Datang Bulan
Bagi wanita yang memiliki waktu datang bulan yang tidak teratur dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah nanas yang masih muda. Maka untuk wanita hamil mengkonsumsi buah nanas ini tidak diperbolehkan.

7 Menambah Gula Darah
Buah nanas mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Untuk yang menderita kadar gula rendah buah nanas ini sangat cocok dikonsumsi, namun tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes.

8 Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C dan A serta antioksidan pada buah nanas dapat mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab berkembangnya sel kanker.

9 Mengatasi Sembelit
Bagi yang susah BAB atau sembelit dapat mengkonsumsi buah nanas untuk mengatasinya, buah nanas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan.

10 Mengatasi Peradangan Kulit
Peradangan pada kulit dapat diatasi dengan buah nanas, kita dapat menggunakan parutan nanas untuk menggosok kulit pada malam hari dan barulah kita membersihkan diri saat bangun.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger