8 Alasan untuk lebih banyak makan tomat

Siapa yang tak tahu tomat? Salah satu jenis buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C dan air yang banyak. Tomat bisa dikonsumsi dengan masakan atau dijadikan minuman. Banyak orang yang tak menyukai tomat, padahal buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tak percaya? Berikut adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam tomat, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Mencegah penyakit jantung
Tingginya kolesterol adalah salah satu penyebab meningkatnya risiko penyakit jantung bagi semua orang. Tomat bisa membantu Anda mencegahnya. Buah ini mengandung banyak vitamin serta antioksidan dan lycopene yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan
Jika saat ini Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, tomat bisa jadi sahabat terbaik untuk Anda. Sekitar 100 gram tomat hanya mengandung 18 kalori. Serat yang terkandung di dalamnya juga akan membuat Anda lebih cepat kenyang dan mengurangi kebiasaan ngemil. Selain itu, tomat juga bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, mulai dari dicampur dalam masakan hingga dibuat minuman.

3. Memperlancar pencernaan
Sering mengalami konstipasi? Serat yang terkandung dalam tomat bisa membantu Anda untuk mengatasinya. Tomat kaya akan serat dan mengonsumsinya bisa membantu memperlancar pencernaan Anda.

4. Solusi untuk kanker
Beberapa penelitian telah membuktikan adanya kaitan antara mengonsumsi tomat dengan mencegah kanker. Tingginya lycopene dalam tomat adalah pahlawan yang diketahui bisa mencegah terbentuknya kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut, dan lainnya. Lycopene akan merusak formasi sel kanker sehingga mencegah munculnya kanker.

5. Kesehatan mata
Tomat kaya akan vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin A. Adanya vitamin A dalam tomat akan membantu Anda untuk meningkatkan kesehatan mata. Mengonsumsi tomat secara teratur akan membantu Anda mencegah rabun senja.

6. Tulang kuat
Tomat sangat baik untuk anak, terutama dalam masa pertumbuhan. Tomat kaya kalsium dan vitamin K. Dua nutrisi ini akan membantu Anda menguatkan tulang. Pada wanita, tomat diketahui bisa menurunkan risiko osteoporosis.

7. Mengontrol gula darah
Tomat mengandung kromium yang bisa membantu mengontrol tingkat gula dalam darah. Karena itu, tomat juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk pasien diabetes.

8. Mengatasi nyeri
Tomat juga berfungsi untuk meredakan rasa sakit atau nyeri pada pasien arthritis, atau jika Anda mengalami sakit punggung. Ini karena tomat mengandung zat anti-peradangan seperti bioflavonoids dan karotenoid yang bisa mencegah peradangan.

Itulah beberapa manfaat tomat dan alasan mengapa Anda harus mengonsumsinya secara teratur. Tomat adalah buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan cukup murah. Jangan lewatkan banyak manfaat kesehatan dari buah ini!
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger