Tips Membuat Perjalanan Lebih Mudah

perjalanan menarik
Sebagai orang yang cukup sering bepergian untuk urusan pekerjaan, urusan pribadi, atau pun liburan, saya terkadang merasa ribet apabila ingin bepergian jauh. Berbeda dengan pria, kebanyakan wanita, seberapa pun singkatnya perjalanan, barang bawaannya pasti banyak. Nah, untuk mengurangi keribetan dalam bepergian, saya mau berbagi beberapa saran.

1. Buat daftar aktivitas (itinerary)
Memang banyak orang yang senang sesuatu yang spontan dan nggak direncanakan terlebih dahulu. Namun kalau memang mau traveling dengan lebih mudah, mau tak mau kita harus membuat itinerary. Nggak perlu yang terlalu detail, tapi setidaknya kita harus tahu beberapa hal mendasar, seperti misalnya ketika sampai kita mau ke mana, membuat reservasi untuk tempat menginap dan mencari tahu bagaimana cara mencapai tempat tersebut. Kalau kita sudah punya gambaran, ini akan mengurangi kekhawatiran dan membuat perjalanan kita menjadi lebih nyaman. Kalau ternyata pada hari H ada perubahan, ya nggak apa-apa, tapi itu karena memang kita sudah tahu bagaimana kondisi di tempat tujuan.

2. Siapkan kantung atau tempat khusus untuk segala reservasi dan dokumen
Untuk mempermudah, sebaiknya kita sudah menyiapkan dokumen seperti paspor, tiket, dan bukti reservasi yang disimpan dalam suatu tempat khusus. Jadi kita nggak perlu repot bolak-balik mencari-cari di dalam tas tiap kali ada dokumen yang dibutuhkan. Kalau ternyata semua reservasi berbentuk elektronik, pastikan kita sudah menyimpannya di ponsel atau tablet. Jangan lupa scan atau fotokopi dokumen yang penting, untuk berjaga-jaga siapa tahu dibutuhkan dalam keadaan darurat.

3. Toilettries
Kalau ternyata kita menginap di hotel, biasanya mereka menyediakan toilettries dasar seperti sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi. Semakin mahal hotelnya, biasanya toilettriesnya makin lengkap dan beragam. Jadi mungkin kita nggak perlu repot-repot membawanya dari rumah. Tapi bagaimana kalau kita adalah budget traveler yang menginap di hostel? Kalau begini, sebaiknya dari awal kita sudah menyiapkan sendiri. Beli aja sabun atau shampoo dalam ukuran kecil yang bisa dipakai selama beberapa hari. Nggak usah yang besar, mengingat kalau lebih dari 100 ml kita akan kerepotan melalui pemeriksaan di bandara.

4. Koper, tas dan bagasi
Apabila ingin light travel dan memutuskan untuk nggak menggunakan bagasi, sebaiknya kita meyakinkan bahwa tas atau koper kecil yang kita bawa ke dalam kabin sudah sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan yang kita gunakan. Ini akan menjadi sangat tricky bagi kita yang menggunakan budget airlines, karena biasanya mereka tegas banget terhadap ukuran, berat dan banyaknya tas yang kita bawa ke dalam kabin. Jika kita membawa banyak barang sehingga menggunakan koper besar dan memasukkannya ke bagasi, akan lebih mudah jika kita menggunakan koper dengan empat roda yang bisa berputar 360 derajat. Lebih mudah bermanuver dan akan membuat kita nggak terlalu capek menjinjing dan menyeret koper tersebut.

5. Pakaian, sepatu, dan lain-lain
Iya, sebagai perempuan, saya mengalami yang namanya overpacking—pergi tiga hari aja bawaannya kayak dua minggu. Ini yang harus diminimalisir, perasaan bahwa nggak akan pernah cukup membawa sedikit baju (atau sepatu) dan melakukan packing secara rasional. Cara paling gampang adalah dengan menuliskan daftar kita akan mengenakan pakaian apa setiap hari. Ini akan membuat kita hanya membawa yang kita butuhkan. Oh, selain itu biasanya saya menggunakan disposable panties kalau sedang bepergian karena praktis dan nggak repot.

6. Kenyamanan dan hiburan
Kalau melakukan perjalanan panjang melintasi benua atau road trip selama berhari-hari, pasti kita ingin melaluinya dengan senyaman mungkin. Pertimbangkan untuk membawa bantalan leher untuk menyangga leher kita ketika tidur sehingga kita bisa beristirahat dengan enak. Kalau merasa bahwa ini terlalu memakan tempat, bawa aja bantalan leher yang bisa ditiup, sehingga kalau nggak digunakan bisa dikempeskan dan dilipat masuk tas. Atau bisa kita memakai sweater yang agak tebal, jadi bisa berfungsi ganda menjadi penyangga leher ketika dilipat.

Dan apa yang bisa membunuh kebosanan di perjalanan panjang kalau bukan hiburan? Kita bisa membawa buku, namun apabila dirasa berat, kenapa nggak bawa e-reader? Atau sekarang kan sudah banyak tablet multifungsi bisa untuk membaca buku, menonton film, dan bisa membantu kita browsing untuk menemukan hal-hal yang menarik di tempat tujuan.

Selamat jalan-jalan, ya! Semoga saran ini bermanfaat.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger