Unik....di China, Gelandangan dan Pemulung Rajin Baca Buku di Perpustakaan

Ada pemandangan berbeda di Perpustakaan Umum Kota Hangzhou. Saban hari, datang pria-pria berpakaian lusuh membaca buku, koran, bahkan mengakses Internet.



Mereka adalah tunawisma setempat. Jumlah mereka bahkan lebih banyak dibandingkan pelajar atau pegawai.

Salah satunya adalah Zhang Kai. Tunawisma 76 tahun ini sehari-hari menyambung hidup sebagai pemulung. Dia mengaku datang ke perpustakaan murni untuk membaca, bukan sekadar numpang tidur atau mencari makanan gratis. Sebelum baca buku, Kai selalu mencuci tangan supaya lembaran kertas tidak kotor oleh tangannya yang kadang penuh debu atau noda.

"Saya suka baca buku. Membaca dapat mengurangi rasa sedih karena penderitaan hidup.

Tunawisma lainnya, bernama Chen Hu, mengaku suka membaca koran dan jurnal untuk mengetahui isu-isu dunia terbaru. Dia mengaku masih berusaha mencari pekerjaan tetap. Bila perpus tutup jam 9 malam, maka dia beralih ke pelataran bank di gedung sebelah untuk tidur.

Kepala Perpus Hangzhou Liang Liang mengaku pihaknya mengizinkan gelandangan, pengemis, ataupun pemulung membaca sepanjang hari. Kebijakan itu sudah berjalan 28 tahun terakhir.

"Mereka tidak bermaksud buruk. Mereka hanya ingin membaca, kenapa harus dilarang," ujarnya.

Tak sekadar mengizinkan mereka baca dan membaur dengan pengunjung lain, pihak perpus juga menyediakan air minum gratis, sambungan Internet lewat wi-fi, serta membolehkan para tunawisma duduk di ruang baca berpendingin udara.

"Kami membolehkan mereka membawa barang-barang bawaan, termasuk benda rongsokan bila mereka bekerja sebagai pemulung. Tapi kalau perpus tutup, kami minta mereka tidak lupa membawa kembali barang-barang itu," kata Liang.



Masyarakat mengagumi kebijakan perpustakaan ini. Koran setempat menobatkan lembaga itu sebagai "perpustakaan paling hangat di seantero China".

(sumber)
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger