Anjing Super Indonesia ini Bantu Cari Korban di Nepal

Dua anjing jenis golden retriever tiba-tiba menyeruak di reruntuhan Distrik Gongabu Chowk, Ibu Kota Khatmandu Nepal yang remuk karena gempa 7,8 skala richter. Mereka mengendus setiap jengkal pecahan bata, menyusup ke retakan beton, menelusuri celah-celah bangunan yang porak poranda. Itu semua adalah lokasi mustahil dicapai manusia.



Mereka adalah anjing khusus dari Indonesia, dibawa oleh tim SARDOG Jakarta Rescue. Tim ini telah tiba di Nepal sejak 29 April 2015, bahkan lebih cepat dibanding kontingen resmi pemerintah Indonesia.

"Kami yang mengundang langsung Perserikatan Bangsa-Bangsa. Makanya lebih cepat ke sini," kata Kepala tim SARDOG Jakarta Rescue Hadianto Warjaman saat ditemui ketika rehat evakuasi di Khatmandu, Jumat (1/5).

Dua anjing itu - Alfa dan Delta - masing-masing berusia tiga tahun. Walau terhitung muda, jangan tanya kemampuannya. Hewan yang sangat ramah pada manusia itu dalam dua hari operasi saja berhasil menemukan delapan jenazah.

Padahal di Gongabu dan Balaju Manaiju, yang jadi wilayah kerja Jakarta Rescue, sempat tidak masuk peta terdampak gempa versi INSARAG.

"Setelah kita berhasil menemukan korban baru pada datang itu tim dari beberapa negara atang, kita pindah ke tempat lain sekarang," kata Hadianto.

Tim SARDOG asal Tanah Air ini bergabung dalam International Search and Rescue Advisory Group (INSARAG), lembaga di bawah naungan PBB. Jakarta Rescue bahkan bisa bekerja lebih cepat, seandainya dua anjing andalan mereka tidak tertahan dua hari di Malaysia akibat persoalan maskapai.

Hadianto memimpin enam kru lainnya, tiga tenaga medis dan tiga pawang anjing. Hingga 6 hari ke depan, Jakarta Rescue sekaligus memberikan bantuan obat obatan, tenda lapangan dan beberapa peralatan kesehatan kepada masyarakat nepal yang terkena musibah gempa.



[siw]

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger