Penyebab menurunnya daya ingat

Faktor berkurangnya ingatan bisa dari berbagai macam sebab. Berikut beberapa penyebab yang sering kali dialami oleh orang-orang dengan keluhan ingatan berkurang secara ekstrim, antara lain :

1. Pola makan Diet atau pengaturan makanan terlalu ketat dengan rendah lemak kadang pula kebablasan sehingga otak tidak mendapat nutrisi cukup untuk dapat memfungsikan sel-sel jaringannya. Atau sebaliknya, pola makan tidak teratur tanpa memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi juga memiliki peran dalam mendegradasi fungsi otak dalam hal menyimpan memory.

2. Faktor usia Usia memang tidak bisa dihindari, semua orang akan mengalami berbagai permasalahan kesehatan termasuk menurunnya daya ingat seiring dengan usia berjalan. Usia semakin lanjut juga mengalami penurunan penyerapan dan proses mencerna berbagai makanan yang dikonsumsi. Itu artinya, asupan untuk otak juga akan mengalami penurunan.

3. Masalah kesehatan otak Faktor ini, merupakan penyebab paling tidak diharapkan. Adanya suatu penyakit ataupun kelainan tertentu pada bagian, jaringan dan selaput otak memungkinkan seseorang mengalami penurunan daya ingat dan lebih mudah kehilangan fokus.

4. Faktor stress Sebagaimana ulasan sebelumnya, stress dan cara mengatasinya. Stress bisa saja disebabkan oleh banyak hal, dan terpenting patut menjadi perhatian adalah stress dapat menjadi sumber pemicu berbagai penyakit dan keluhan kesehatan lainnya tidak hanya problem daya ingat menurun serta tidak dapat berpikir dengan jernih.

5. Sebab racun Jaman seperti sekarang mudah sekali seseorang mengalami paparan racun atau zat kimia berbahaya (hal ini juga termasuk konsumsi obat-obatan dalam jangkap panjang, apalagi jika tanpa pengawasan pihak dokter). Zat racun (kimia berbahaya) sangat berpotensi menurunkan daya ingat dan masalah kesehatan lainnya.

6. Faktor keturunan
Sebab keturunan atau genetis, bukan berarti keturunan orang bodoh secara otomatis juga bodoh. Namun hal ini lebih pada masalah zat kimia maupun respon hormon yang biasanya memiliki kesamaan dengan salah satu dari orang tuanya. Dari kesamaan pola respon hormon itulah yang pada akhirnya disebut bahwa masalah daya ingat berhubungan secara genetis.

Selain sebab penurunan daya ingat disebut diatas, sangat mungkin masih ada faktor lainnya. Jika anda setuju dengan hal ini, silahkan tambahkan pendapat di kolom komentar di bawah.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger