PM Singapura Tulis Kode Pemecah Puzzle Sudoku

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menunjukkan kemampuannya dalam program komputer setelah mengunggah sebuah kode pemecah puzzle permainan Sudoku di situs Facebook. 



Lee, 63, lulusan fakultas matematika Universitas Cambridge di Inggris, mengunggah screenshot dari kode pemecah puzzle dalam bahasa program C++. 

Menyebut program itu sebagai "program mendasar," Lee juga mengunggah tautan yang berisi keseluruhan deretan kode. Ia meminta pengunjung Facebook untuk memberitahukan kepadanya jika ada kelemahan dalam kode itu. 

Pertama kalinya Lee memperlihatkan kemampuan di bidang coding adalah saat dirinya berpidato dalam konvensi teknologi pekan lalu. 

"Saya pernah terbiasa menikmati ini (coding). Sudah lama sekali sejak saya membuat sesuatu," ucap dia, seperti dikutip AFP, Rabu (6/5/2015). 

Kode milik PM Singapura sudah di-share 15 ribu kali dan di-like 42 ribu kali oleh pengguna Facebook. Banyak dari mereka memuji kehebatan Lee. 

"Saya penasaran apakah ada PM lain di dunia ini yang bisa melakukannya?" tulis salah satu pengguna Facebook, Judith Oliver. 

Miles Berry, pengajar komputer di Inggris, menuliskan di Twitter: "Saya ingin diadakan semacam tantangan coding untuk para pemimpin sebelum kita semua memilih pada Kamis," merujuk pada pemilihan umum di Inggris pada 7 Mei 2015. 

Namun sebuah grup bernama HackerFantastic menuliskan di Twitter bahwa terdapat "kelemahan" dalam kode Lee. 

Lee merespon klaim grup tersebut, dan mengaku akan "menambahkan input validasi" dalam versi berikutnya.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger