Manfaat dan fungsi Vitamin B12

Langsung saja, mari kita pelajari apa saja manfaat dan fungsi vitamin B12. Serta mengeksplorasi apa yang akan terjadi jika seseorang mengalami kekurangan vitamin ini.

Berikut beberapa manfaat vitamin B12, antara lain :

1. Cegah kanker
Vitamin B12 merupakan senyawa kimia dapat digunakan untuk melawan pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker prostat, kanker payudara dan kanker usus. Baik digunakan untuk pencegahan.

2. Sistem pencernaan
Sebagaimana vitamin pada umumnya, vitamin B12 juga memiliki peran penting untuk memastikan organ pencernaan seseorang tetap sehat dan dapat melakukan fungsinya sebagai pengolahan dan penyerapan nutrisi makanan kedalam tubuh.

3. Kesehatan jantung
Cara kerja dalam mengantisipasi serangan jantung adalah dengan mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga berfungsi pula untuk mencegah stroke.

4. Atasi lelah lesu
Vitamin B12 juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi keletihan pada seseorang. Caranya adalah dengan mengkonversikan karbohidrat menjadi glukosa dalam tubuh, yang pada akhirnya glukosa tersebut diubah lagi menjadi energi.

5. Vitamin otak

Tidak salah jika disebut demikian karena B12 memiliki peranan penting dalam mencegah penyusutan otak, sebuah kondisi yang menyebabkan berbagai keluhan seputar otak termasuk penurunan daya ingat. Selain itu, vitamin ini berfungsi memastikan sistem syaraf berfungsi optimal sehingga dapat digunakan untuk mengurangi depresi dan menghilangkan stress.

6. Kesehatan kulit
Selain untuk otak, B12 juga disebut sebagai vitamin untuk kecantikan. Hal itu karena perannya dalam membantu pembaruan sel kulit secara teratur. Baik untuk perawatan seputar kecantikan termasuk kesegaran kulit, juga kekuatan kuku dan rambut.

7. Atasi asma
Khususnya asma yang biasa menyerang usia anak-anak, vitamin B12 bisa menjadi salah satu perawatan maupun pencegahan untuk mengatasi salah satu masalah pernapasan ini. Berikan makanan alami mengandung B12 untuk anak-anak yang sering mengalami asma.

8. Memperbaiki mood
Bagi orang dewasa dengan tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari serta tingkat kejenuhan tinggi bisa mengkonsumsi vitamin B12 secara teratur. Karena vitamin ini memiliki perananan untuk menciptakan suasana hati lebih positif dan akhirnya memberikan efek rasa bahagia dengan cara memproduksi hormon serotonin.

9. Anti-aging
Cocok pula bagi siapa saja yang mengalami proses menua terlalu cepat atau penuaan dini, lebih cepat daripada usianya. Masukkan menu makanan mengandung senyawa kimia ini untuk melawan tanda-tanda penuaan yang biasanya tampak pertama kali pada pengeriputan maupun bintik-bintik di sekitar mata.

10. Mengatasi insomnia
Jika hari-hari anda dipenuhi dengan rasa lelah berkepanjangan karena tidak berhasil melakukan tidur berkualitas saat malam. Vitamin B12 bisa menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi keluhan susah tidur. Cara kerjanya adalah dengan membantu produksi hormon melatonin.

11. Sperma sehat
Membantu memperbaiki sistem reproduksi khususnya pada pria, karena vitamin B12 dapat membantu meningkatkan jumlah sperma secara signifikan. Serta meningkatkan kemampuan dan kesehatan sperma dengan memperbaiki tingkat motilitas sperma (kemampuan bergerak) sehingga memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan.

12. Atasi telinga berdering
Pernah mengalami kondisi ketika telinga terasa berdering atau berdesir?, hal itu disebut sebagai tinnitus. Gangguan semacam itu bisa jadi sebagai pertanda awal jika seseorang mengalami kekurangan vitamin B12. Meskipun hal ini bukanlah masalah serius, namun tetap indikator bahwa tubuh membutuhkan zat yang diperlukan.
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger