Ternyata di Prancis juga ada Ondel-Ondel gan...Ini Penampakannya...!!

Bulan Juli tiap tahunnya, traveler yang berkunjung ke Kota Douai di utara Prancis akan dihibur parade boneka kayu raksasa. Boneka-boneka kayu ini ibarat ondel-ondel versi Prancis, karena dimainkan manusia dari dalamnya.


Les Fetes de Gayant, begitu nama festival yang telah berlangsung ratusan tahun ini. Festival ini berawal pada tahun 1530 di Kota Douai di utara Prancis, yang dulu ditempati oleh pasukan Spanyol. Pada awalnya, festival ini digelar untuk merayakan kekalahan Prancis atas Spanyol.

Masyarakat lokal kemudian membuat boneka kayu raksasa bernama 'Gayant', yang merepresentasikan pahlawan sekaligus pendeta terkemuka di kota tersebut yakni Saint Maurand. Gayant inilah yang menjadi sosok utama parade boneka di utara Prancis.

Dengan inisiatif tinggi, masyarakat lokal pun membuat 'istri' Gayant bernama Marie Cagenon. Tentu saja, sosok Marie juga merupakan boneka kayu ukuran raksasa. Beratus-ratus tahun berikutnya, pasangan boneka kayu ini dikaruniai anak bernama Jacquot, Fillon, dan Binbin. Ya, semuanya dibuat oleh warga Kota Douai.

Tiap bulan Juli keluarga boneka kayu ini diarak keliling kota. Bahkan setelah Douai resmi menjadi bagian dari Prancis pada 1667, festival ini tetap berjalan meski sempat dilarang.

Halangan tak sampai di situ. Pada Perang Dunia II, Kota Douai ditempati pasukan Nazi. Mereka pun membakar keluarga boneka kayu raksasa tersebut.

Namun pada akhir Perang Dunia II, festival tersebut kembali digelar. Boneka-boneka kayu raksasa itu dibuat kembali dengan tinggi beragam. Mulai dari 2,4 meter sampai 8,2 meter.

Dua boneka kayu yang paling besar, yakni Gayant dan istrinya, masing-masing butuh 6 orang agar bisa bergerak keliling kota. Sementara boneka kayu anaknya hanya butuh masing-masing 1 orang. Boneka Gayant itu sendiri berbentuk seperti ksatria.

Sulit rasanya membayangkan boneka-boneka kayu ini sudah bertahan ratusan tahun lamanya. Kalau berkunjung ke Prancis pada pertengahan tahun, Douai bisa jadi destinasi unik untuk Anda.














(sumber)
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger