Astronot Perempuan ini Seduh Espresso Pertama di Antariksa

Astronot perempuan asal Italia, Samantha Cristoforetti, menjadi manusia pertama yang berhasil menyeduh kopi espresso pertama di antariksa. Ia mengunggah fotonya yang sedang menyesap secangkir espresso di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Minggu (3/5/2015).



"Espresso segar di cangkir Zero-G baru!" tulis Cristoforetti di akun Twitter-nya, lengkap dengan foto cangkir khusus yang didesain untuk digunakan di lingkungan tanpa gaya gravitasi (zero-gravity/zero-g).

Cristoforetti, yang akan pulang ke Bumi pekan depan setelah menyelesaikan misi selama 6 bulan di ISS, nyaris tak bisa menyesap espressonya. Alasannya mesin espresso - yang dinamai ISSpresso - belum juga tiba di antariksa dari jadwal yang ditetapkan pada Januari. Baru pada April kemarin mesin eksperimental buatan perusahaan Italia, Lavazza sampai di ISS.

"Hari ini Stasiun Luar Angkasa Internasional lebih terasa seperti di rumah sendiri," kicau Lavazza di akun Twitter-nya.

Adapun mesin espresso itu dirancang menggunakan sejumlah kapsul kecil berisi kopi espresso. Lima belas kapsul kopi dikirim ke ISS menggunakan wahana kargo SpaceX. (The Guardian)

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016. I want to know - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger